APLIKASI METODE CHECK-ALL-THAT-APPLY (CATA) PADA PENGUJIAN POFIL SENSORI UNDERRECOGNIZED PRODUCT MINUMAN COKELAT BUBUK
DOI:
https://doi.org/10.63071/nc4p8d24Keywords:
karakteristifk produk, persepsi, preferensiAbstract
Minuman cokelat bubuk merupakan produk pangan yang banyak diminati, tetapi pasar didominasi oleh merek-merek besar, menyulitkan produk underrecognized untuk bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi profil sensori minuman cokelat bubuk underrecognized menggunakan metode Check-All-That-Apply (CATA). Sebanyak 114 panelis naive melakukan evaluasi terhadap tiga sampel minuman cokelat bubuk. Data dianalisis menggunakan aplikasi XlStat pada CATA Data Analysis. Hasil menunjukkan bahwa 14 dari 16 atribut sensori berbeda signifikan (p<0,05), menunjukkan adanya perbedaan karakteristik antar sampel. Pemetaan pada grafik biplot CA dengan variansi kumulatif 99,81%, menunjukkan Produk A memiliki karakteristik yang paling mendekati produk ideal sesuai preferensi panelis. PCoA mengindikasikan bahwa atribut sweet, fruity, creamy, dan chocolate ID berkontribusi terhadap kesukaan panelis, sementara bitter, burnt, dan acidic cenderung menurunkan kesukaan. Penalty Analysis menunjukkan bahwa beberapa atribut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kesukaan panelis. Temuan ini dapat menjadi dasar bagi produsen dalam reformulasi dan strategi pemasaran produk minuman cokelat bubuk underrecognized agar lebih kompetitif di pasar.