APLIKASI METODE CHECK-ALL-THAT-APPLY (CATA) PADA PENGUJIAN POFIL SENSORI UNDERRECOGNIZED PRODUCT MINUMAN COKELAT BUBUK

Authors

  • Rizqi Sofi Nur Fitriyah Universitas PGRI Wiranegara Author

DOI:

https://doi.org/10.63071/nc4p8d24

Keywords:

karakteristifk produk, persepsi, preferensi

Abstract

Minuman cokelat bubuk merupakan produk pangan yang banyak diminati, tetapi pasar didominasi oleh merek-merek besar, menyulitkan produk underrecognized untuk bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi profil sensori minuman cokelat bubuk underrecognized menggunakan metode Check-All-That-Apply (CATA). Sebanyak 114 panelis naive melakukan evaluasi terhadap tiga sampel minuman cokelat bubuk. Data dianalisis menggunakan aplikasi XlStat pada CATA Data Analysis. Hasil menunjukkan bahwa 14 dari 16 atribut sensori berbeda signifikan (p<0,05), menunjukkan adanya perbedaan karakteristik antar sampel. Pemetaan pada grafik biplot CA dengan variansi kumulatif 99,81%, menunjukkan Produk A memiliki karakteristik yang paling mendekati produk ideal sesuai preferensi panelis. PCoA mengindikasikan bahwa atribut sweet, fruity, creamy, dan chocolate ID berkontribusi terhadap kesukaan panelis, sementara bitter, burnt, dan acidic cenderung menurunkan kesukaan. Penalty Analysis menunjukkan bahwa beberapa atribut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kesukaan panelis. Temuan ini dapat menjadi dasar bagi produsen dalam reformulasi dan strategi pemasaran produk minuman cokelat bubuk underrecognized agar lebih kompetitif di pasar.

Downloads

Published

2025-04-21

How to Cite

APLIKASI METODE CHECK-ALL-THAT-APPLY (CATA) PADA PENGUJIAN POFIL SENSORI UNDERRECOGNIZED PRODUCT MINUMAN COKELAT BUBUK. (2025). Jurnal Sains Dan Teknologi Pangan, 10(2). https://doi.org/10.63071/nc4p8d24

Similar Articles

1-10 of 34

You may also start an advanced similarity search for this article.